SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

1. Suatu perusahaan manufaktur baru akan membangun suatu sistem informasi komputer. Apakah anda akan mengusulkan bahwa sebaiknya mereka mulai dengan sistem akuntansi ataukah dengan suatu sistem yang membantu menempatkan pesanan-pesanan bahan mentah keperluan perusahaan? Jelaskan jawaban anda dengan lengkap…!!
Jawab:
Saya lebih memilih untuk meyarankan pihak perusahaan untuk memulai dengan sistem akuntansi karena sistem ini mempunyai fungsi:
 Mengumpulkan dan menyimpan data
dari semua aktivitas dan transaksi
perusahaan
 Memproses data menjadi informasi
yang berguna dalam pengambilan
keputusan yang memungkinkan bagi
pihak manajemen untuk melakukan
perencanaan, mengeksekusi perencanaan
dan mengontrol aktivitas
 Menyediakan kontrol yang cukup
untuk menjaga aset dari organisasi,
termasuk data. kontrol ini memastikan
bahwa data akan tersedia ketika
dibutuhkan dan data tersebut akurat
dan dapat dipercaya.

Dari ketiga fungsi diatas jelas bahwa akan lebih banyak manfaat/keuntungan untuk pihak perusahaan. Jadi untuk membantu menempatkan pesanan-pesanan bahan mentah keperluan perusahaan, harus melalui sistem akuntansi. Ini bertujuan agar setiap pesanan bahan mentah keperluan perusahaan dapat terdata untuk mengurangi resiko kesalahan perhitungan antara pengeluaran dan pendapatan perusahaan, selain itu data keuangan perusahaan akan tertata dengan baik.




2. Suatu perusahaan mie mempunyai sistem pengolahan transaksi untuk inventarisasi, pengiriman, penagihan, dan perhitungan penerimaan. Sistem-sistem tersebut terpisah satu sama lain, dan data dimaksukkan ke sistem-sistem tersebut pada area perusahaan yang terpisah oleh petugas-petugas yang berbeda. Ada usul baru, agar sistem-sistem tersebut dikelola bersama dan masukkan-masukkan data pada satu sistem dapat digunakan bersama secara otomatis oleh sistem-sistem lain. Jelaskan mengapa cara tersebut diusulkan, dan apakah anda melihat kerugian sistem yang sedang berjalan, uraikan dengan lengkap.!!
jawab:
Menurut saya pengusulan sistem pengolahan transaksi untuk inventarisasi, pengiriman, penagihan, dan perhitungan penerimaan yang baru sangat baik, karena dari ke semua sistem tersebut dapat disatukan (pengelolaan dan masukan-masukan data dapat digunakan bersama secara otomatis oleh sistem lain) dengan cara ini perusahaan akan mendapatkan keuntungan diantaranya:
 Penghematan waktu dalam memproses data
 Penghematan tenaga (karena dengan sistem ini lebih memudahkan petugas-petugas yang bekerja.)
 perusahaan dapat bergerak lebih cepat dibandingkan dengan perusahaan yang lain. Karena pengaksesan oleh pelanggan/pemilik perusahaan pun menjadi lebih mudah.

Kerugian sistem yang sedang berjalan antara lain:
 Pemborosan waktu dalam memproses data.
 Tenaga kerja lebih sulit, untuk memproses data karena setiap sistem terpisah satu sama lain.
 Selain itu pengaksesan data akan lebih sulit karena untuk mencari informasi harus membuka satu persatu, berbeda dengan sistem yang diusulkan.

Comments

Popular posts from this blog

Dampak Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Terhadap Kemiskinan

Kurangnya Sosialisasi Dampak Kemajuan Teknologi

PAHAM KEKUASAAN